My Info

WELCOME

Selamat datang di .:SUICIDE BLOG:. Anda mungkin akan menemukan sesuatu yang menarik di blog ini

.:SUICIDE BLOG:.

7Hardways, Saya Bukan Seorang Blogger, Desainer atau Apapun Tapi Saya Hanya Seseorang Yang Ingin Selalu Belajar dan Ingin Tahu Sesuatu Yang Baru...

PostsSubscribe to InFoGauLComments

Online

Photobucket

Pasar tradisional VS Pasar modern

Pasar tradisional sebenarnya memiliki keunggulan bersaing alamiah yang tidak dimiliki secara langsung oleh pasar modern. Lokasi yang strategis, area penjualan yang luas, keragaman barang yang lengkap, harga yang rendah, sistem tawar menawar yang menunjukkan keakraban antara penjual dan pembeli merupakan keunggulan yang dimiliki oleh pasar tradisional.


Namun, selain menyandang keunggulan alamiah, pasar tradisional memiliki berbagai kelemahan yang telah menjadi karakter dasar yang sangat sulit diubah. Faktor desain dan tampilan pasar, atmosfir, tata ruang, tata letak, keragaman dan kualitas barang, promosi penjualan, jam operasional pasar yang terbatas, serta optimalisasi pemanfaatan ruang jual merupakan kelemahan terbesar pasar tradisional dalam menghadapi persaingan dengan pasar modern.


Ketika konsumen menuntut ’nilai lebih’ atas setiap uang yang dibelanjakannya, maka kondisi pasar pasar tradisional yang kumuh, kotor, bau, dengan atmosfir seadanya dalam jam operasional yang relatif terbatas tidak mampu mengakomodasi hal ini. Kondisi ini menjadi salah satu alasan konsumen untuk beralih dari pasar tradisional ke pasar modern. Artinya, dengan nilai uang yang relatif sama, pasar modern memberikan kenyamanan, keamanan, dan keleluasaan berbelanja yang tidak dapat diberikan pasar tradisional.


Belum lagi kenyataan, Indonesia adalah negara dengan mayoritas konsumen berasal dari kalangan menengah ke bawah. Kondisi ini menjadikan konsumen Indonesia tergolong ke dalam konsumen yang sangat sensitif terhadap harga. Ketika faktor harga rendah yang sebelumnya menjadi keunggulan pasar tradisional mampu diruntuhkan oleh pasar modern, secara relatif tidak ada alasan konsumen dari kalangan menengah ke bawah untuk tidak turut berbelanja ke pasar modern dan meninggalkan pasar tradisional.
Sekali lagi pemerintah diharapkan mampu melindungi sektor pasar tradisional, karena banyak masyarakat yang menggantungkan hidupnya denagan adanya pasar tradisional(pedagang dsb), jangan sampai pasar tradisional menjadi mati hanya karena pemerintah lebih mengutamakan pembangunan sektor pasar tradisional(Swalayan).

Authorimage

Ditulis Oleh : 7HardwaysTerimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar.


 

:: Live Trafic ::

:: Networkedblogs ::

:: Traffic Info ::

Auto Backlink Free Automatic Backlink Top  blogs My Ping in TotalPing.com

Free advertising & marketing site at UseAds.com - Submit & add url & exchange text links + increase traffic & improve page rank!